Responsive Banner design
Home » » MENGENAL MICROSOFT WORD 2007

MENGENAL MICROSOFT WORD 2007


Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya. Secara default tampilan area kerja program MS Word 2007 terdiri atas Title Bar, Office Button, Quick Access Toolbar, Menu Bar, Ribbon, Ruler, Status Bar, dan View Toolbar. Tampilan area kerja dapat dilihat pada Gambar 1.

























Title Bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan, atau menyembunyikan jendela program, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore, dan Close. Office Button berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen seperti membuat dokumen baru (New), membuka dokumen (Open), menyimpan dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), dan sebagainya.

Gb. Page Search

View Toolbar berisi pengaturan jenis tampilan dokumen, antara lain: 
  • Print Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima pada saat dicetak (default). 
  • Full Screen Reading: memberikan tampilan halaman penuh. 
  • Web Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser. 
  • Outline: memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen. 
  • Draft: memberikan tampilan yang berkelanjutan (menggabungkan seluruh halaman seperti dalam satu gulungan). Tiap halaman dipisahkan oleh garis titik-titik.
A. MEMBUAT, MENYIMPAN, MENUTUP DAN MEMBUKA DOKUMEN
Untuk membuat dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut:
  1. Klik Office Button>New sehingga muncul jendela baru yang menampilkan bagian New Document.
  2. Setelah itu pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.)
Di dalam Quick Access Toolbar juga terdapat tombol New yang berfungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela baru.


Gb. Tombol New di Quick Access Toolbar

Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur properti terlebih dahulu. Pengaturan properti mempengaruhi hasil cetakan. Pengaturan properti dapat dilakukan dengan mengklik menu Page Layout. Kemudian pada ribbon Page Setup, klik ikon kecil pada pojok kanan bawah, sehingga muncul kotak dialog Page Setup. Kotak dialog ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Margins, Paper, dan Layout.

Gb. Kotak dialog Page Setup

Margins: untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom)
dokumen, dan ada juga orientasi kertas.
Paper Size: untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada
menu drop-down. Jika menginginkan ukuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada
kotak Width dan Height.
Untuk menyimpan dokumen baru, secara default nama dokumen yang dibuat akan berurutan,
yaitu Document 1, Document 2, Document 3, dan seterusnya. Cara untuk menyimpan dokumen adalah
sebagai berikut:
1. Klik Office Button>Save atau Office Button>Save As sehingga muncul kotak dialog Save As

Gb. Kotak dialog Save As

2. Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:
  • Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
  • File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
  • Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word Document.
  • Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
3. Setelah selesai mengedit dokumen dan memastikan sudah menyimpannya, ada beberapa cara untuk menutup dokumen, yaitu: 
  • Klik Office Button>Close.
  • Klik tombol Close Window yang terdapat dalam Title Bar. Dokumen yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara berikut: 
  • Klik Office Button>Open. 
  • Klik tombol Open yang terdapat di dalam Quick Access Toolbar. Sehingga muncul kotak dialog Open, kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.
B. MENULIS DAN MEMFORMAT TEKS DAN PARAGRAF
Pengetikan teks dimulai dari titik sisip (titik iterasi). Titik sisip dapat dilihat dari garis hitam yang berkedip di dalam halaman dokumen. Dalam mengetikkan teks, penekanan tombol Enter pada keyboard akan membuat paragraf baru. Untuk membuat hasil yang maksimal, maka diperlukan pemformatan karakter, seperti menentukan jenis huruf, tipe huruf, ukuran huruf, dan lainnya. Pemformatan karakter dapat diterapkan sebelum ataupun sesudah pengetikan. Klik menu Home, kemudian pada ribbon Font klik ikon di pojok kanan bawah, untuk melakukan pemformatan sehingga muncul kotak dialog Font seperti pada Gambar.




















Gb. Kotak dialog font

  • Font: untuk menentukan jenis huruf yang digunakan.
  • Font Style: menentukan tipe huruf, yaitu Regular (biasa), Italic (miring), Bold (tebal), dan Bold Italic (tebal dan miring). 
  • Size: menentukan ukuran huruf. 
  • Font Color: menentukan warna huruf. 
  • Effects: untuk membuat efek-efek yang akan diterapkan pada teks. 
  • Preview: menampilkan contoh hasil pengaturan format teks. 
Berikut adalah contoh Format teks dan penggunaan efek di dalam teks.


























Selain pemformatan huruf, juga ada pengaturan paragraf. Perataan paragraf ada empat macam, yaitu rata kiri (Align Left) , rata tengah (Center) , rata kanan (Align Right) , dan rata kiri kanan (Justified). Sedangkan pengaturan spasi baris adalah pengaturan jarak antarbaris di dalam paragraf. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan tombol (Line Spacing).

C. PENOMORAN DAN PENANDAAN
Seringkali di dalam dokumen dijumpai penulisan teks dengan penomoran (numbering) dan penandaan (bullet). Program MS Word menyediakan fasilitas Bullet and Numbering untuk membuat variasi teks. Dalam program word 2007 ini fasilitas Bullet and Numbering dapat dipilih pada Ribbon Home > Paragraph.

D. MEMBUAT TABEL
Pada umumnya, penyisipan tabel ke dalam dokumen berfungsi untuk mendukung penjelasan/uraian dokumen. Untuk membuat tabel, pilih Insert, pada ribbon pilih Table, kemudian pilih ukurannya. Dapat juga dengan cara, pilih Insert > Table > Insert Table, kemudian akan muncul dialog box seperti berikut :

Gb. Insert tabel

  • Number of columns : untuk menentukan jumlah kolom, sebagai contoh isikan 2. 
  • Number of rows : Untuk menentukan jumlah baris, sebagai contoh isikan 3. 
  • Autofit behavior : untuk pengaturan lebar kolom.
E. MENYISIPKAN OBJEK
Menyisipkan gambar; Untuk menyisipkan gambar yang diinginkan, tinggal klik gambar yang diinginkan atau pilih tab menu Insert > Picture

Menyisipkan simbol; Di dalam dokumen sering kita jumpai beberapa simbol seperti © , ® , ™ , dan lain sebagainya. Cara untuk menyisipkan simol – simbol tersebut, pilih tab menu Insert > Simbol kemudian pilih more simbols.
Gb. Macam-macam simbol

MenyisipkanWordArt; Teks yang dibuat dengan WordArt akan tampak lebih bervariasi. Cara menggunakannya, pilih tab menu Insert pilih wordArt, kemudian pilih tipe yang dikehendaki, setelah itu masukkan text yang ingin di tulis dengan wordart.

Menyisipkan nomor halaman; Penomoran halaman dapat dilakukan secara praktis. Caranya dengan memilih tab menu Insert > Page number, kemudian pilih letak nomor halaman sesuai dengan keinginan, sebagai contoh pilih Bottom of page, maka akan muncul pilihan tipe.

Menyisipkan Header and Footer; Fasilitas Header and Footer digunakan untuk membuat catatan kaki, penomoran halaman, dan yang lainnya. Untuk masuk ke bagian ini, pilih Insert kemudian tinggal pilih header atau footer. selanjutnya masukkan text untuk header dan footer. Pada saat mengisi text untuk header atau footer, bagian text utama akan disable, atau berwarna redup dan tidak dapat di edit. Untuk mengedit main text, pilih close header and footer pada ribbon.

Menyisipkan background atau watermark; Jika di kehendaki dalam membuat suatu dokumen diperlukan background atau cap redup transparan pada hasil dokumen dapat dilakukan dengan cara, klik Page layouts > watermarks > custom watermarks . selanjutnya akan muncul dialog box, jika ingin background dengan tulisan maka pilih text watermarks kemudian atur sesuai keinginan. Jika ingin menggunakan background gambar pilih picture watermarks kemudian pilih gambar mana yang akan digunakan sebagai background. Cek juga pada checkbox washout untuk mendapatkan gambar background yang redup sehingga text pada dokumen mudah dibaca.

Membuat Kolom; Untuk membuat kolom, pilih page layouts > columns kemudian tentukan banyaknya kolom yang ingin dibuat.

F. MENGETIK TEKS
Ketikan teks dibawah ini !! : 
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan suatu kegiatan dimana para mahasiswa dituntut untuk bisa mengamalkan dan mengimplementasikan disiplin ilmu yang diperoleh dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Ilmu Komputer (STMIK) El Rahma Yogyakarta, untuk diterapkan pada tempat-tempat yang ditunjuk sebagai tempat tujuan KKL. KKL merupakan suatu wujud dari pengabdian mahasiswa dengan ilmunya terhadap bidang yang telah ditekuninya. Oleh karena itu, KKL dituntut untuk mengenal dan mengimplementasikan terhadap teknologi informasi dan komputer pada dunia nyata. Dunia pendidikan adalah salah satu dari bidang yang memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komputer. Berbagai permasalahan yang timbul dalam dunia pendidikan dapat pula diselesaikan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komputer. Dengan demikian mahasiswa dapat menerapkan dan mengimplementasikan ilmu teknologi informasi dan komputer pada dunia pendidikan.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive